LESSON STUDY, IMPLIKASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI PACITAN

Hidayat, Taufik and Sutarman, Sutarman (2016) LESSON STUDY, IMPLIKASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI PACITAN. Jurnal HUMANIORA, 04 (01). pp. 410-473. ISSN 2356-0614

[img] Text
Lesson Study, Implikasi dan Prestasi Belajar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lesson Study_Check Plagiarism.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lesson Study_Peer Review.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Berbasis Lesson study dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kaji tindak latar kelas atau clasroon action research yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (1993) yaitu melalui siklus: (a) Plan, (b) Act & observe, (c). Reflect. Mereka dapat mencoba suatu gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Penelitian ini dilakukan dengan cara berkolaborasi antara peneliti dengan rekan sejawat di STKIP PGRI Pacitan. Penelitian akan dilaksanakan pada mahasiswa semester II di STKIP PGRI Pacitan pada perkuliahan statistika dasar tahun akademik 2015/2016. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan lesson study dengan menggunakan model pembelajaran collaborative dirasa cukup efektif dalam pelaksanaan mata kuliah statistika, dikarenakan mata kuliah ini lebih menuntut kemampuan mahasiswa untuk dapat bekerjasama dengan orang lain. Terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai mahasiswa setiap siklus. Kegiatan lesson study yang diselenggarakan ini, pada umumnya berjalan lancar, namun demikian beberapa kendala menyangkut waktu menjadikan permasalahan tersendiri yang harus dihadapi. Kata kunci: Lesson study, prestasi belajar, matematika, mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:57
Last Modified: 12 Nov 2019 01:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1

Actions (login required)

View Item View Item