LEARNING AND INNOVATION SKILLS CALON GURU SEKOLAH DASAR

SUGIYONO, SUGIYONO (2019) LEARNING AND INNOVATION SKILLS CALON GURU SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2019. pp. 289-297. ISSN 978-602-53557-5-2

[img] Text
9. Learning and Innovation Skills Calon Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (544kB)
[img] Text
9. Learning and Innovation Skills Calon Guru Sekolah Dasar -turnitin.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru yang memiliki kecakapan Learningand Innovation Skills (LIS) akan dapat membentuk pola pikir yang kritis, logis, dan kreatif. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keterampilan Learning and Innovation Skills (LIS) yang dimiliki Mahasiswa calon Guru Sekolah Dasar. Urgensi penelitian ini adalah untuk memetakan 4 (empat) aspek keterampilanLIS pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (libraryresearch), yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan obyek penelitian atau pengumulan data yang bersifat kepustakaan. Data penelitian ini adalah hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti berkaitan dengan kompetensi dan kecakapan Learningand Innovation Skills (LIS) mahasiswa calon Guru Sekolah Dasar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar harus memiliki empat aspek kecakapan Learningand Innovation Skills (LIS), yaitu:critical thinking (berpikir kritis), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi/ kerjasama), dan creativity (kreativitas). Kata kunci: LIS, Calon Guru, Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:35
Last Modified: 16 Jun 2023 04:19
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item