PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DI MTS MAARIF REMBANG

ANWAR, KASYFUL (2022) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DI MTS MAARIF REMBANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 57-64. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-69-76-PEMBELAJARAN-MENULIS-CERITA-PENDEK-BERBASIS-KEARIFAN-LOKAL-UNTUK.pdf

Download (775kB)

Abstract

Kemampuan literasi menulis siswa di MTS Maarif Rembang sangat rendah, Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan menulis yaitu rendahnya motivasi menulis, kesulitan siswa dalam mengeluarkan ide-ide pokok, dan siswa kurang aktif di kelas. Rendahnya minat baca dan tulis siswa dikarenakan semakin mudahnya akses internet Hal ini mengakibatkan siswa MTS Maarif Rembang lebih suka menonton, bermain game, dan bermain media sosial dibandingkan membaca buku atau menulis karya sastra. Alasan peneliti menggunakan cerita berbasis kearifan lokal adalah agar siswa dapat dengan mudah mencari sumber cerita karena dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif di dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar angket (ahli, praktisi, dan respon siswa), lembar observasi, dan Tes kemampuan literasi menulis siswa,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Bahan ajar berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat menumbuhkan nilai-nilai kebaikan di dalam diri siswa serta mampu meningkatkan kemampuan literasi menulis siswa di sekolah MTS Maarif Rembang. Adapun tahapan dalam rancangan kegiatan pembelajaran menulis cerpen berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi adalah (1) Kegiatan menulis cerita berbasis kearifan lokal pada tahap pendahuluan, (2) Kegiatan menulis cerita berbasis kearifan lokal pada tahap inti, (3) Kegiatan menulis cerita berbasis kearifan lokal pada tahap akhir. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis cerpen, kearifan lokal, kemampuan literasi

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 May 2023 06:16
Last Modified: 15 May 2023 06:16
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item