PENGUATAN BERFIKIR HOT’S DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITALISASI

GIANTARA, FEBRI and HANDAYANI, SATRI and YANTI, NOVI and BAINAR, BAINAR (2022) PENGUATAN BERFIKIR HOT’S DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITALISASI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 311-319. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-323-331-PENGUATAN-BERFIKIR-HOTS-DALAM-PENDIDIKAN-ISLAM-DI.pdf

Download (822kB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 melahirkan sebuah era yang disebut dengan era digitalisasi. Era digitalisasi merambah seluruh elemen yang ada. Dua elemen yang paling dipengaruhi oleh digitalisasi adalah elemen ekonomi dan elemen pendidikan. Pada elemen ekonomi terlihat dengan bermunculannya starup-starup digital dan e-commerce. Elemen pendidikan menunjukkan adanya penurunan moral dan akhlak siswa pasca pandemi covid-19. Dibutuhkan sebuah strategi jitu oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literarue Review (SLR) dengan pendekatan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penguatan berpikir HOTS di dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh guru melalui proses pemberian: pemahaman tentang dampak-dampak yang timbul di era digitalisasi, pengaitan setiap materi dengan ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis, variasi soal LOTS dan HOTS, dan keteladan sosok yang dibutuhkan kapanpun dan dimanapun. Kata Kunci: Berpikir HOTS, Pendidikan Agama Islam, Era Digitalisasi

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 15 May 2023 06:54
Last Modified: 15 May 2023 06:54
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item