PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK

SUGIYONO, SUGIYONO (2022) PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 144-149. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-156-161-PENDAMPINGAN-PEMBUATAN-ALAT-PERMAINAN-EDUKATIF-APE.pdf

Download (794kB)

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) yang berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak penting dikembangkan di taman kanak-kanak (TK). Salah satu APE yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahasa anak adalah buku Pop Up 3D. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru TK dalam membuat APE berupa buku Pop Up 3D. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) tahap persiapan meliputi kegiatan koordinasi, penetapan tema dan jenis kegiatan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap akhir/ evaluasi dan tindak lanjut meliputi penyusunan laporan kegiatan, evaluasi, dan penyusunan proyeksi/rencana kegiatan sebagai tindak lanjut. Hasil kegiatan ini berupa produk alat permainan edukatif (APE) buku pop up 3D (tiga dimensi) cerita lokal yang menggunakan 2 (dua) bahasa yaitu indonesia dan jawa. APE ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk anak-anak TK yang dapat menstimulasi perkembangan bahasa, sosial, kognitif, dan motorik anak. Kata Kunci: pendampingan, APE, Pop Up, cerita lokal

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 16 May 2023 01:55
Last Modified: 16 May 2023 01:55
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item