IMPLEMENTASI PENDEKATAN NALAR KRITIS DENGAN BILLINGUAL Q AND A PADA ANAK

Khalawi, Hasan and RAHAYU, ESTA DIANA MUKTI and WIBAWA, SAPTANTO HARI and ASMANIAR, ASMANIAR (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN NALAR KRITIS DENGAN BILLINGUAL Q AND A PADA ANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 50-56. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding Semnas 2022 (vol-1)-62-68-IMPLEMENTASI PENDEKATAN NALAR KRITIS DENGAN.pdf

Download (841kB)

Abstract

Kemampuan nalar kritis dapat membantu peserta didik dalam menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang, tepat, dan mendorong menemukan peluang dan gagasan baru. Salah satu upaya untuk menumbuhkan nalar kritis dan pengenalan bahasa Inggris adalah melalui pendekatan tanya jawab 2 bahasa atau bilingual Q and A. Pendekatan ini memancing peserta didik untuk mengungkap argumennya dengan ungkapan yang teratur, sistematis, dan berani. Sebanyak 62 peserta didik kelas 1 sampai 6 SD Negeri 2 Petungsinarang Kabupaten Pacitan mengikuti kegiatan ini secara langsung dan interaktif di dalam kelas. Implementasi pendekatan nalar kritis dengan bilingual Q and A dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tanya jawab bilingual dan eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukkan respon peserta didik masih canggung saat mengungkapkan argumen sampai pada pertanyaan ke empat. Mulai dari pertanyaan ke lima sampai tahap eksperimen, nalar kritis peserta didik mulai tumbuh. Secara umum, implementasi pendekatan nalar kritis dengan bilingual Q and A mampu menumbuhkan nalar kritis meskipun baru memenuhi 1 indikator dan mengenalkan bahasa Inggris pada anak. Kata Kunci: nalar kritis, bilingual, Q and A

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 16 May 2023 02:40
Last Modified: 16 May 2023 02:40
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item