PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD DONOROJO

IRAWATI, DEVI and MUKODI, MUKODI and SURYATIN, SURYATIN (2020) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD DONOROJO. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 12 (2). pp. 1721-1726. ISSN 2085-0581

[img] Text
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD DONOROJO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar di SD kecamatan Donorojo pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018. Subjek penelitian ini adalah SD yang dipilih secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan bantuan Program SPSS for Windows 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode bermain peran dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan pembelajaran biasa menggunakan ceramah. Berdasarkan hasil rerata diperoleh kelas eksperimen memiliki rata-rata 88,33 yang berarti hasil rerata tersebut lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan rata-rata 83,00. Berdasarkan hasil uji-t pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai t sig0.023, nilai sig<0,05 (0.023<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar PKn di SDN Kecamatan Donorojo tahun pelajaran 2018. Kata kunci: hasil belajar PKn, metode bermain peran

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:08
Last Modified: 15 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item