PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI BANDAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LISTYANA, NADIA and HIDAYAT, TAUFIK and APRIYANI, DWI CAHYANI NUR (2021) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI BANDAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1). pp. 44-50. ISSN 2723-8210

[img] Text
05 Pengaruh Kepribadian dan EQ pada Hasil Belajar-Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliitian ini bertujuan untuk mengetahui: I) Pengaruh tipe kepribadian (extrovert dan introvert) terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) Pada masing-masing tipe kepribadian (extrovert dan introvert), manakah kategori kecerdasan emosional yang memberikan hasil belajar lebih baik, kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah; 4) pada masing-rnasing kecerdasan emosional (tinggi, sedang dan rendah), manakah tipe kepribadian yang memberikan hasil lebih baik, tipe kepribadian extrovert atau tipe kepribadian introvert. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (ex-post facto) menggunakan desain penelitian 2 x 3 faktorial. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Bandar kelas X TKJ, TKR, APHP A dan APHP B berjumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis menggunakan bantuan Program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Tipe kepribadian (extrovert dan introvert) berpengaruh sama terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Kecerdasan emosional tinggi memberikan hasil belajar matematika yang sama dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan kecerdasan emosional sedang lebih baik daripada kecerdasan emosional rendah dan kecerdasan emosional rendah tidak lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang; 3) Pada masing• masing tipe kepribadian (extrovert dan introvert), kecerdasan emosional (tinggi, sedang, rendah) memberikan hasil belajar matematika yang sama; 4) Pada kecerdasan emosional (tinggi, sedang, rendah), tipe kepribadian (extrovert dan introvert) memberikan hasil belajar matematika yang sama. Kata Kunci: Tipe Kepribadian, Kecerdasan emosional, Hasii Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 26 Jun 2023 05:55
Last Modified: 26 Jun 2023 05:55
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item