KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

SUGIYONO, SUGIYONO (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 15 (1). ISSN 2477-5851

[img] Text
Cek Plagiasi Artikel JPP Sugiyono.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi visual mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dala menyajikan data pada mata kuliah Statistik Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Pacitan. Data dikumpulkan dari hasil jawaban mahasiswa dalam membuat tabel, diagram lingkaran, dan diagram batang. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi visual mahasiswa dalam membuat tabel distribusi. frekuensi baik dengan menggunakan aplikasi komputer maupun menggambar manual memenuhi indikator representasi visual. Dalam mengilustrasikan diagram lingkaran dengan menggunakan aplikasi komputer memenuhi indikator representasi visual, sedangkan mahasiswa yang menggambar manual tidak memenuhi indikator. Dan dalam mengilustrasikan diagram batanq menggunakan aplikasi komputer tidak memenuhi indikator, sedangkan mahasiswa yang menggambar manual memenuhi indikator representasi visual. Kata Kunci: representasi visual, komputer, manual

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:45
Last Modified: 03 Jul 2023 01:45
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item