IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA : STUDI KASUS PENGGUNAAN KONSEP MATEMATIKA PADA PROSES PRODUKSI GULA KELAPA

MULYADI, MULYADI (2019) IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA : STUDI KASUS PENGGUNAAN KONSEP MATEMATIKA PADA PROSES PRODUKSI GULA KELAPA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2019. pp. 381-388. ISSN 978-602-53557-5-2

[img] Text
turnitin. 2019. Prosiding SEMNAS. Mulyadi. IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA STUDI KASUS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2019. Prosiding SEMNAS. Mulyadi. IDENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA STUDI KASUS PENGGUNAAN KONSEP MATEMATIKA PADA PROSES PRODUKSI GULA KELAPA-1-8.pdf

Download (477kB)

Abstract

Fenomena penting dalam kajian matematika dan budaya penting untuk di identifikasi melalui etnomatematika sebagai sumber pengetahuan yang kontekstual untuk memahami aktivitas matematika dikehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi konsep-konsep matematika pada kajian etnomatematika proses produksi gula kelapa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metodenya adalah deskripstif dengan pendekatan etnografi dan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah pelaku produksi gula kelapa. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah konsep-konsep matematika yang terdapat pada proses produksi gula kelapa di antaranya geometri bidang, geometri ruang, perbandingan, kesebangunan serta aritmatika social. Kata kunci : Etnomatematika, gula kelapa, konsep matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:04
Last Modified: 03 Jul 2023 06:27
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item