MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT SEBAGAI KEKUATAN BRANDING PROMOSI OBJEK WISATA SENTONO GENTONG PACITAN

PAMUNGKAS, SRI (2021) MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT SEBAGAI KEKUATAN BRANDING PROMOSI OBJEK WISATA SENTONO GENTONG PACITAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2021. LPPM PRESS STKIP PGRI PACITAN, pp. 73-76. ISBN 978-602-53557-7-6

[img] Text
PROSIDING-SEMNAS-2021_12_MEMANFAATKAN-CERITA-RAKYAT-SEBAGAI-KEKUATAN-BRANDING-PROMOSI-OBJEK-WISATA-SENTONO-GENTONG-PACITAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urgensi paper ini adalah berkaitan dengan eksistensi cerita rakyat yang diidentikkan dengan warisan budaya masa lampau dan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian khususnya dari sektor pariwisata. Penelitian ini difokuskan pada identifikasi dan kajian atas cerita rakyat yang digunakan sebagai merk dagang (branding) bisnis pariwisata dan industri budaya populer. llustrasi dan kajian dilakukan atas cerita rakyat di objek wisata Sentono Gentong Pacitan yang dibahas melalui sastra pariwisata yang dikenal dengan storynomic tourism. Pembahasan dilakukan dengan pendekatan sastra pariwisata dan storynomics, sebuah konsep yang menjelaskan pentingnya cerita dalam mempromosikan produk untuk memperoleh keuntungan ekonomi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selain memiliki pesan moral, cerita rakyat juga memiliki nilai ekonomi (storynomics). Sentono Gentong bukan saja dikenal sebagai tempat objek wisata alam di Pacitan tetapi syarat dengan perjalanan sejarah luar biasa di Pacitan karena jejak syiar agama Islam juga terdapat di Sentono Gentong. Kata kunci: cerita rakyat, sastra pariwisata, storynomics

Item Type: Book Section
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:44
Last Modified: 18 Jul 2023 01:44
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item