MODEL SIMULASI VIRTUAL "SINAU CODING" PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IT DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY STUDI KASUS PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN

PRIHANTARA, ADITYA and ALFREDA, ALFREDA (2023) MODEL SIMULASI VIRTUAL "SINAU CODING" PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IT DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY STUDI KASUS PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN. JPPI (Jurnal Proyeksi Pendidikan Informatika), 3 (1). pp. 18-25. ISSN 2828-2817

[img] Text
MODEL SIMULASI VIRTUAL _SINAU CODING_ PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IT DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY STUDI KASUS PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text
MODEL SIMULASI VIRTUAL _SINAU CODING_ PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IT DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY STUDI KASUS PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Istilah “coding” muncul di kalangan informat ika sebagai bentuk kewajiban mata kuliah yang wajib harus dikuasai. Sinau Coding adalah salah satu platform virtual berbentuk website, (dalam pengembangan lebih lanjut akan ditampilkan dalam bentuk aplikasi) adalah sebuah modul pembelajaran digital untuk belajar bahasa pemrograman menggunakan teknologi augmented reality. Model ini mampu untuk membantu mahasiswa dalam memahami ilmu logika pemrograman dasar dan bertujuan mempermudah proses pemahaman bahasa pemrograman yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Konsep yang digunakan dalam aplikasi ini sederhana tetapi unik. Ketika kita membukanya, secara langsung aplikasi ini akan mendeteksi setiap keadaan yang diambil oleh sudut kamera dan kemudian akan memunculkan suatu bahasa pemrograman dan gerbang logika yang mungkin pada kejadian tersebut. Fungsi augmented reality (AR) dalam platform ini adalah untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang relevan yang sangat membantu dalam bidang pembelajaran logika dengan tujuan pencapaian adalah mahir bahasa pemrograman. Dengan bantuan teknologi ini, lingkungan nyata di sekitar kita akan dapat berinteraksi dalam bentuk digital “virtual”. Informasi-informasi tentang obyek dan lingkungan disekitar kita dapat ditambahkan ke dalam sistem augmented reality yang kemudian informasi tersebut ditampilkan diatas layar dunia nyata secara real-time seolah-olah informasi tersebut adalah nyata (Dwi Gotama, 2021) Kata Kunci : augmented reality, virtual, pemrograman, coding

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:16
Last Modified: 01 Aug 2023 07:04
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item