Pengembangan Instrumen Angket untuk Mengukur Tingkat Resiliensi Matematis Siswa

SAFITRI, WAHYU DWI (2020) Pengembangan Instrumen Angket untuk Mengukur Tingkat Resiliensi Matematis Siswa. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
WAHYU DWI SAFITRI_PM_AB2020.pdf

Download (202kB)
[img] Text
WAHYU DWI SAFITRI_PM_AR2020.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan produk instrument angket yang valid untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa; (2) menghasilkan produk instrumen angket yang reliabel untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa; (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa berdasarkan angket yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Langkah- langkah penelitian pengembangan menggunakan langkah-langkah Sugiyono yang dibatasi pada 7 langkah pengembangan, yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu validitas, uji konsistensi internal, uji reliabilitas, dan analisis faktor. Uji coba produk dilakukan sebanyak 2 kali. Responden uji coba produk pada penelitian ini adalah siswa kelas VII G TahunPelajaran 2019/2020, kelas VII G Tahun Pelajaran 2020/2021, dan kelas VII H Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk instrumen angket untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, 2) Produk instrumen angket untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang dikembangken telah memenuhi kriteria reliabel, dengan reliabilitas 0,915, 3) Faktor yang mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa pada uji coba pertama terdiri dari 6 variabel yang dikelompokkan menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 terbentuk dari variabel pengendalian emosi, optimis, dan efikasi diri dengan nilai eigen sebesar 3,438% dan faktor 2 terbentuk dari variabel pengendalian dorongan, menganalisis penyebab masalah, kemampuan berempati dengan nilai eigen 1,123%. Pada uji coba kedua terdiri dari 7 variabel yang dikelompokkan menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 terbentuk dari variabel menganalisis penyebab masalah, kemampuan berempati, efikasi diri, dan meraih apa yang diinginkan dengan nilai eigen sebesar 3,575 % dan faktor 2 terbentuk dari variabel pengendalian emosi, pengendalian dorongan, dan optimis dengan nilai eigen 1,001%. The objectives of this research are (1) to produce a valid questionnaire instrument to measure the level of mathematical resilience of students; (2) to produce a reliable questionnaire instrument product to measure the level of students’ mathematical resilience; (3) to know the influenced factors of the students’ mathematical resilience level based on the developed questionnaire. This research is a Research & Development (R&D) research. The steps of development research used Sugiyono's steps which are limited to 7 development steps, namely: 1) Potential and Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revision, 6) Product Trial, 7) Product Revisions. The data analysis techniques in this study were validity, internal consistency test, reliability test and factor analysis. Product trials were carried out twice. Respondents for product testing in this research were students of class VII G of the academic year 2019/2020, class VII G of the academic year 2020/2021, and class VII H of the academic year 2020/2021. The results of this study indicate that: 1) The product of the questionnaire instrument to measure the level of mathematical resilience of students developed had the valid criteria, 2) The product of the questionnaire instrument to measure the level of students’ mathematical resilience which developed had the criteria of being reliable, with a reliability of 0.915, 3) The factors that affect the level of mathematical resilience of students in the first try consisting of 6 variables grouped into 2 factors: factor 1 is formed from the variables of emotional control, optimism, and self-efficacy with an eigenvalue of 3.438% and factor 2 is formed from the drive control variable, analyzes the cause of the problem , the ability to empathize with an eigen value of 1,123%. In the second trial consisting of 7 variables which are grouped into 2 factors, namely factor 1 is formed from the variable to analyze the causes of the problem, the ability to empathize, self-efficacy, and achieve what students’ want with an eigen value of 3.575% and factor 2 is formed from the variable emotional control, control encouragement, and optimism with an eigen value of 1.001%.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 22 Aug 2020 22:04
Last Modified: 28 Sep 2020 02:48
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item