Dampak Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Akan Bahaya Dari Narkoba Untuk Menekan Jumlah Pengguna Narkoba di Kalangan Pelajar

RAMADHAN, RISKI (2020) Dampak Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Akan Bahaya Dari Narkoba Untuk Menekan Jumlah Pengguna Narkoba di Kalangan Pelajar. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RISKI RAMADHAN_PI_AB2020.pdf

Download (130kB)

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif media audio video dalam penyampaian suatu hal yang berkaitan dengan bahaya dari penyalahgunaan narkoba pada kalangan pelajar ditinjau dari upaya menghindarkan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 30 pelajar usia jenjang SMA/Sederajat di desa Jatigunung dengan rentang usia 16-19 tahun. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah pengamatan proses pembelajaran, kuisioner serta wawancara terstruktur. Dari penelitian yang telah dilakukan. Maka didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Media audio visual merupakan media yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Dimana media ini dapat menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan namun materi tetap mudah diterima pelajar. Sehingga materi dapat diterima dengan baik dan mudah oleh pelajar. 2) Dengan memanfaatkan media audio visual terjadi peningkatan pengetahuan pada pelajar akan bahaya dari narkoba. Dan dengan didukung visualisasi materi bahaya narkoba, terjadi pola pikir terhadap pelajar bahwa perlunya proteksi diri pada mereka terhadap bahaya dari penyalahgunaan narkoba. The purpose of this research is to find out how effective the audio video media in delivering a matter related to the dangers of drug abuse viewed from efforts to avoid drug abuse among students. This research uses a qualitative descriptive research approach. The research subjects were 30 high school / equivalent students in Jatigunung village with an age range of 16-19 years. While the data collection methods are observation of the learning process, questionnaires and structured interviews. From the research that has been done. So it can be concluded that: 1) Audio visual media is an effective media used in learning. Where this media can create a relaxed and pleasant atmosphere, but the material is still easily accepted by students. So that the material can be received well and easily by students. 2) By utilizing audio-visual media there is an improvement in students' knowledge of the dangers of drugs. And supported by visualization of the dangers of drugs, there is a mindset towards students that they need to protect themselves against the dangers of drug abuse.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYKuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDFAMUKHIT, MUGA LINGGARmugalinggar@gmail.com
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYKuliah.didiet@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 22 Aug 2020 22:11
Last Modified: 03 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item