Pengaruh Pembelajaran Berbasis Penugasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020

GANEFI, RESIDA (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Penugasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RESIDA GANEFI_PM_AB2020.pdf

Download (240kB)
[img] Text
RESIDA GANEFI_PM_AR2020.pdf

Download (365kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis penugasan saat pandemi covid 19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental designs dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringkuku tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 2 kelas yaitu 49 siswa dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga penelitian yang dilakukan menjadi terbatas. Intrumen penelitian yang digunakan adalah Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) diasumsikan valid karena di buat oleh guru dan praktisi (tim penyusun) yang menguasai bidangnya, dan melalui pengawasan pihak terkait. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan program SPSS 16.0for windows. Uji prasyarat analisisinya adalah menggunakan uji normalitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.000 < α = 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis penugasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020. The purpose of this study was to determine whether or not there was an influence of assignment-based learning during the covid-19 pandemic on mathematics learning outcomes of Grade VII students of Pringkuku in 2019/2020 academic year. This research is a pre-experimental designs. The data collection techniques used the documentation method. The sample of this research was two classes of grade VII of SMP Negeri 3 Pringkuku in the academic years 2019/2020. Due to the covid- 19 pandemic, so the research has been limited. The research of instruments used was Mid Semester Assessment and Final Axams Assessment assumed valid because it were made by teachers and practitioners (the drafting team) who mastered the fields, and through the supervision of related parties. The data analysis technique used paired sample t-test with SPSS 16.0 for windows. The prerequisite test is to use the normality test. The results of the data analysis showed that the significance value of 0.000 < α = 0.05 so that H0 was rejected, which meaning that there was an influence of assignment-based learning on mathematics learning outcomes of Grade VII students of SMP Negeri 3 Pringkuku in 2019/2020 Academic Year.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 22 Aug 2020 22:51
Last Modified: 21 Oct 2020 01:43
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item