PENGEMBANGAN DESAIN BAHAN AJAR BERMUATAN 6C PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMKN 2 PACITAN

SETIYOWATI, AYU and APRIYANI, DWI CAHYANI NUR and QUDSIYAH, KHOIRUL (2024) PENGEMBANGAN DESAIN BAHAN AJAR BERMUATAN 6C PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMKN 2 PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
AYU SETIYOWATI_PM_AB2023.pdf

Download (152kB)
[img] Text
AYU SETIYOWATI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AYU SETIYOWATI_BAB 2_PM2023.pdf

Download (292kB)
[img] Text
AYU SETIYOWATI_BAB 3_PM2023.pdf

Download (190kB)

Abstract

Upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mencanangkan Program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka ini, peserta didik diharapkan mampu menguasai 6 kemampuan belajar yang disebut kemampuan belajar abad ke-21 yaitu character, citizhenship, critical thinking, ccreativy, collaboration, dan communication. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKPD yang bermuatan 6C, (2) mengetahui kelayakan produk, (3) mengetahui kualitas LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Validasi ahli terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli desain, dan validasi ahli bahasa dengan validator sebanyak 3 orang yaitu 1 guru Matematika, 1 dosen Pendidikan Informatika, dan 1 dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Validasi ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kualitas LKPD yang sedang dikembangkan menggunakan penilaian setiap aspek yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Pacitan dengan subjek penelitian siswa kelas X BD 1 sebanyak 18 peserta didik untuk kelas uji coba terbatas dan kelas X BD 2 sebanyak 28 peserta didik untuk kelas uji coba lapangan operasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi pada aspek materi mempunyai skor persentase 96%, aspek soal/masalah mempunyai skor persentase 80%, dan aspek layout mempunyai skor persentase 80%. Hasil validasi media pada aspek tampilan mempunyai skor persentase 95% dan pada aspek grafis mempunyai skor persentase 73%. Hasil validasi ahli bahasa pada aspek isi mempunyai skor persentase 100% dan pada aspek kebahasaan mempunyai skor persentase 92%. Hasil uji coba lapangan terbatas pada aspek kelayakan isi mempunyai skor persentase 75%, aspek penyajian mempunyai skor persentase 76%, aspek kebahasaan mempunyai skor persentase 79%. Hasil uji coba lapangan operasional pada aspek kelayakan isi mempunyai skor persentase 81%, aspek penyajian mempunyai skor persentase 84%, aspek kebahasaan mempunyai skor persentase 84%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba pengembangan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan bermuatan 6C, (2) produk yang dihasilkan dinyatakan layak digunakan, (3) LKPD yang dikembangkan mempunyai kualitas baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Model 4D, Bahan Ajar, LKPD

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latiif@yahoo.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latiif@yahoo.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:53
Last Modified: 12 Feb 2024 01:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item