SELF ASSESSMENT FOR STUDENT PERFORMANCE BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS IN PHYSICS LEARNING

TRISNAWATY, WULAN and CITRASUKMAWATI, ALFINA and ANAS, ANAS (2024) SELF ASSESSMENT FOR STUDENT PERFORMANCE BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS IN PHYSICS LEARNING. STKIP PGRI PACITAN, PACITAN.

[img] Text
Artikel 3 Self Assesment.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen Self Assessment Based on Higher Order Thinking Skills (SSA-HOT) dalam pembelajaran fisika untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pengembangan menggunakan 40 dari Thiagarajan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA peminatan IPA yang dipilih secara acak, Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa instrumen yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan, nilai reliabilitas soal tinggi tingkat kesukaran soal proporsional, dan butir soal sensitif. Kesesuaian penilaian antara siswa dan guru pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif pada karakter kejujuran dan kerjasama masing-masing sebesar 0.95; 0.83; 0.81 ; dan 0.80 yang termasuk kategori tinggi. Siswa juga memberikan respon yang positif terhadap instrumen ini sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen SSA-HOTS layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: self assessment. higher order thinking Skills, pembelajaran fisika

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:04
Last Modified: 14 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item