GAME-BASED LEARNING MODEL: MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA

PUSPITASARI, INDAH and APRIYANTI, CHUSNA and EVITA, NIA and IRAWATI, DESI (2024) GAME-BASED LEARNING MODEL: MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 32-40. ISSN 2723-8210

[img] Text
Game-Based Learning Model Meningkatkan Prestasi Dan Minat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus riset ini bertujuan mendorong prestasi dan minat belajar siswa agar lebih baik dengan penerapan Game-based learning model. Classroom Action Research (CAR) digunakan sebagai metode penelitian dengan mengadaptasi hasil pemikiran Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 127. Melalui purposive sampling, pengambilan sample ditentukan di kelas 5 dengan jumlah 19 siswa. Lokasi pengambilan data di Sekolah Dasar Negeri 2 Mujing. Pelaksanaan riset ini pada bulan September hingga November, di tahun ajaran 2023-2024. Tes, angket, dan catatan lapangan/hasil observasi digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil akhir pasca penelitian yang diukur melalui tes pengetahuan awal, formatif, dan sumatif, membuktikan terdapat perubahan lebih baik pada prestasi belajar siswa. Selain itu, dari hasil angket dan hasil observasi penelitian, secara signifikan menunjukkan bahwa penggunaan strategi Game-based learning model mampu memberikan dorongan positif pada siswa terhadap minat belajar mereka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Game-based learning model mampu menyumbangkan dampak positif terhadap strategi pembelajaran di SON 2 Mujing, sehingga pembelajaran khususnya di kelas 5 menjadi yang lebih menarik, kreatif inovatif, dan tidak monoton. Kata Kunci: Game-based learning model, prestasi, minat belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:28
Last Modified: 15 Mar 2024 02:28
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item