INTEGRASI PENGGUNAAN BAHASA JAWA DAN TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PANGESTU, WAHYU CANDRA (2020) INTEGRASI PENGGUNAAN BAHASA JAWA DAN TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
CANDRA WAHYU PANGESTU_PGSD_AB2020.pdf

Download (297kB)
[img] Text
CANDRA WAHYU PANGESTU_PGSD_AR2020.pdf

Download (616kB)

Abstract

ABSTRAK Candra Wahyu Pangestu. Integrasi Penggunaan Bahasa Jawa dan Tembang Dolanan dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sidoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Integrasi penggunaan bahasa jawa dan tembang dolanan dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri Sidoharjo terhadap antusias dan daya tangkap siswa ketika pembelajaran berlangsung (2) untuk mengetahui karakter apa saja yang dapat ditanamkan melalui penggunaan bahasa jawa dan tembang dolanan dalam pembelajaran tematik tersebut. Pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan objek tuturan guru dan siswa di SDN Sidoharjo. Data penelitian berupa hasil rekaman tuturan wawancara yang dilakukan peneliti untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang terjadi di Kelas IV SD Negeri Sidoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk memperoleh hasil penelitian. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik kemudian di lanjutkan dengan analisis data yakni dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Integrasi penggunaan bahasa Jawa dan tembang dolanan dalam pembelajaran tematik dikelas IV mampu meningkatkan konsentrasi dan antusias siswa dalam memahami budaya Jawa hal tersebut di tunjukkan dengan daya tangkap siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dengan belajar dan sekaligus memahami unggah-ungguh basa yang tersirat dalam tembang dolanan (2) penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu menanamkan karakter dalam diri siswa dengan menggunakan bahasa jawa dan tembang dolanan. Karakter yang dapat ditanamkan salah satunya yaitu Kepercayaan diri siswa dengan menyanyikan tembang ataupun berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Kata Kunci: Bahasa, Tembang Dolanan, SDN Sidoharjo. ABSTRACT Candra Wahyu Pangestu, The Integration of the using Javanese Language and Tembang Dolanan in Thematic Learning in Class IV SD Negeri Sidoharjo Academic Years 2019/2020. S1- Theses. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. This research aims (1) to find out how the integration of the using Javanese language and Tembang Dolanan in thematic learning in class IV SD Negeri Sidoharjo towards enthusiastic students when teaching-learning process (2) to find out what characters can be instilled through the use of Javanese language and Tembang Dolanan in thematic learning. The approach of this research is descriptive qualitative with the object of teacher and student speech in SDN Sidoharjo. The research data was the result of recording interviews conducted by researchers to obtain information about problems which occur in Class IV SD Negeri Sidoharjo. In data collection techniques, this study uses observation, documentation, and interviews to obtain the result of the research. The credibility of the data uses triangulation techniques. Furthermore, data analysis process uses the Miles and Huberman models which include data reduction, data display, and conclusion or data verification. The results of this study are (1) the integration of the using Javanese language and tembang dolanan in thematic learning in class IV was able to increase the concentration and enthusiasm of students in understanding Javanese culture. It is shown by the ability of students to grasp when the learning process takes place by learning and at the same time understanding the language manners that are implied in tembang dolanan (2) this study shows that the teacher is able to instill character in students by using Javanese language and tembang dolanan. The character that can be instilled is student confidence by singing tembang dolanan and speaking well and correct in the Javanese language. Keywords: Language, Tembang Dolanan, SDN Sidoharjo.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, ISVANDIANA MEGAUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAL FATH, MUHAMMADIN AYATULLAHUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sofyan Hadi Sofyan Hadi
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:09
Last Modified: 27 Aug 2020 05:09
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item