Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua Siswa Kelas IV di SDN 2 Candi Tahun Pelajaran 2019/2020

FERTIARA, RISMA LORENSA (2020) Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua Siswa Kelas IV di SDN 2 Candi Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RISMA LORENSA FERTIARA_PGSD_AB2020.pdf

Download (126kB)
[img] Text
RISMA LORENSA FERTIARA_PGSD_AR2020.pdf

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK RISMA LORENSA FERTIARA. Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua Siswa Kelas IV di SDN 2 Candi Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah perbedaan pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020; (2) adakah perbedaan pengaruh pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020; dan (3) adakah interaksi antara jenis kelamin dengan pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih dengan teknik sampel jenuh. Sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 2 Candi berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji anava melalui data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil yang diperoleh dari penelitian, yaitu: (1) tidak ada perbedaan pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020; (2) tidak ada perbedaan pengaruh pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020; dan (3) tidak ada interaksi antara jenis kelamin dengan pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 2 Candi tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Jenis Kelamin, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Pekerjaan Orang Tua ABSTRACT RISMA LORENSA FERTIARA. The Influence of Gender on Learning Outcomes in Mathematics Learning Viewed From the Parents’ Job of Class IV Students at SDN 2 Candi 2019/2020 Academic Year. S1-Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 This study aims to find out: (1) is there a difference in the effect of gender on the mathematics learning outcomes of fourth- grade students at SDN 2 Candi 2019/2020 academic year, (2) is there a difference in the effect of parents' job on mathematics learning outcomes of grade IV students in SDN 2 Candi 2019/2020 school year, and (3) is there an interaction between gender with parents' work on the mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SDN 2 Candi 2019/2020 academic year. This type of research was quantitative with quasi-experimental methods. The population in this study were students of grade IV SDN 2 Candi in the academic year 2019/2020. Samples were selected by the saturation sample technique. The research sample of the research was all students of class IV SDN 2 Candi totaling 19 students consisting of 11 male students and 9 female students. Data collection was done by the method of documentation and interviews. Analysis of the data used is anava test through data that was normally distributed and homogeneous. The results obtained from the study, namely: (1) there was no difference in the effect of gender on the mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SDN 2 Candi 2019/2020 academic year, (2) there was no difference in the effect of parents' job on the mathematics learning outcomes of class students IV at SDN 2 Candi 2019/2020 school academic, and (3) there was no interaction between gender with parents' job on the mathematics learning outcomes of grade IV students at SDN 2 Candi 2019/2020 school academic. Keywords: Gender, Learning Outcomes, Mathematics Learning, Work Parents

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDLINA ERVIANA, LINA ERVIANAlinaerviana27@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:10
Last Modified: 27 Aug 2020 05:10
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item