INTERAKSI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV (STUDI KASUS DI SD NEGERI SIDOHARJO)

KARTIKA, DHEA AJENG (2020) INTERAKSI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV (STUDI KASUS DI SD NEGERI SIDOHARJO). Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DHEA AJENG KARTIKA_PGSD_AB2020.pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK DHEA AJENG KARTIKA. Interaksi Sosial Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV (Studi Kasus di SD Negeri Sidoharjo). Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan bentuk-bentuk interaksi sosial siswa dan profil interaksi sosial siswa pada pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi kelompok di SD Negeri Sidoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kecenderungan bentuk-bentuk interaksi sosial pada pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi kelompok di SDN Sidoharjo menunjukkan bahwa sikap disosiatif lebih dominan daripada sikap asosiatif. Skor rata-rata yang diperoleh dari sikap disosiatif meliputi aspek kontravensi 3,66% dan pertentangan 3,83%. Sedangkan sikap asosiatif meliputi aspek kerjasama yakni 3,27%, dan akomodasi 3,00%. (2) Profil interaksi sosial saat pembelajaran menunjukkan bahwa selama pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi kelompok di SDN Sidoharjo, siswa menunjukkan sikap asosiatif berupa saling membantu dalam memahami materi, mengambil giliran, dan saling berbagi tugas (aspek kerjasama) serta menunjukkan minat dalam menyelesaikan tugas dan toleransi terhadap sesama (aspek akomodasi). Sedangkan pada sikap disosiatif terdapat siswa yang tidak mau melaksanakan tugas (aspek kontravensi) dan pertentangan antar individu (aspek pertentangan). Simpulan dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk interaksi sosial pada pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi kelompok siswa kelas IV di SDN Sidoharjo menunjukkan sikap disosiatif lebih dominan daripada sikap asosiatif. Profil interaksi sosial pada pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi kelompok di SDN Sidoharjo, siswa menunjukkan sikap asosiatif dan sikap disosiatif. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Pembelajaran Tematik, Metode Diskusi Kelompok

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:41
Last Modified: 02 Mar 2022 07:09
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item