PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN DARI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS PADA SISWA KELAS 7-A SMP NEGERI 1 DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yuliawan, Cahya Tarisma (2020) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN DARI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS PADA SISWA KELAS 7-A SMP NEGERI 1 DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
Cahya Tarisma Yuliawan_PBSI_AR2020.pdf

Download (258kB)
[img] Text
CAHYA TARISMA YULIAWAN_PBSI_AB2020.pdf

Download (122kB)

Abstract

Abstrak: ” Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Materi Menelaah Unsur-Unsur dan Kebahasaan dari Surat Pribadi dan Surat Dinas pada Siswa Kelas 7-A SMP Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020 “. Skripsi. Pacitan : STKIP PGRI Pacitan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran pada Kompetensi Dasar tentang menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas pada siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Donorojo Kab Pacitan tahun pelajaran 2019/2020, untuk mengetahui hasil yang diperoleh para siswa setelah metode tutor sebaya diterapkan dalam pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan subjek penelitiannya merupakan siswa kelas 7-A SMP Negeri 1 Donorojo sejumlah 32 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Subjek penelitian ini diacak yang memiliki kemampuan hiterogen yaitu ada siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, rendah. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian pada skripsi ini untuk menganalisis data dan menyimpulkannya: 1) penggunaan metode tutor sebaya pada pembelajaran menelaah unsur-unsur surat pribadi dan surat dinas pada siswa kelas 7-A SMP Negeri 1 Donorojo tahun pelajaran 2019/2020 lebih menyenangkan, menarik, tidak takut, dan siswa dapat menyampaikan gagasannya kepada teman sebagai tutor sebaya. 2) hasil pembelajaran mata pelajaran bahasa indonesia tentang materi menalaah kebahasaan pada surat pribadi dan surat dinas dapat dikatakan berhasil dengan baik, karena dapat melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM pada siswa di kelas tersebut. Kata Kunci : Tutor sebaya, surat pribadi dan surat dinas. ABSTRACT: "The Application of the Peer Tutor Method in the Material of Elements and Language Use of Personal and Official Letters for Class 7-A Students of SMP Negeri 1 Donorojo, Pacitan Regency, in 2019/2020 Academic Year". Essay. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. This study aims to apply learning to Basic Competencies about examining the elements and language use of personal and official letters in class 7A students of SMP Negeri 1 Donorojo, Pacitan Regency, in 2019/2020 academic year, to determine the results obtained by students after the peer tutoring method applied in learning. The approach in this research used a qualitative approach, while the research subjects were 32 students of class 7-A SMP Negeri 1 Donorojo consisting of 18 female students and 14 male students. The subjects of this study were randomized who had a hierogeneous ability, namely where there were students who had high, medium, and low abilities. Data collection used observation, interviews, tests, and documentation, while the technical analysis of this research data used data reduction, data display, and conclusions. The results of the research can be concluded : 1) the use of the peer tutoring method in learning to examine the elements of personal and official letters in class 7-A students of SMP Negeri 1 Donorojo in the 2019/2020 academic year is fun, more interesting, relax , and students can convey their ideas to their friends as peer tutors. 2) the results of learning Indonesia subjects regarding language learning materials in personal and official letters can be said successful, because they could exceed the minimum completeness criteria or KKM in the class. Keywords : Peer tutors, personal letters and official letters.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMABRURI, ZUNIAR KAMALUDDINzuniarmabruri@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodiinstitute@yahoo.com
UNSPECIFIEDMABRURI, ZUNIAR KAMALUDDINzuniarmabruri@gmail.com
UNSPECIFIEDPUTRI, NIMAS PERMATAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sofyan Hadi Sofyan Hadi
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:37
Last Modified: 05 Sep 2020 04:03
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item