PENGARUH EFIKASI DIRI DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PRASETYO, BAYU AJI (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
BAYU AJI PRASETYO_PM_AB2020.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAYU AJI PRASETYO_PM_AR2020.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Bayu Aji Prasetyo. Pengaruh Efikasi Diri dan Sikap Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa SMK kelas X pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan metakognitif, 2) pengaruh sikap belajar terhadap kemampuan metakognitif, 3) pengaruh efikasi diri dan sikap belajar terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Pacitan tahun pelajaran 2019/2020 kelas X TKJ 3 sebanyak 28 siswa. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Anava dua jalan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) tidak terdapat perbedaan rata-rata untuk nilai kemampuan metakognitif ditinjau dari kategorisasi efikasi diri. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,271 > taraf signifikansi 0,05. Sehingga tidak terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan metakognitif; (2) terdapat perbedaan rata-rata untuk nilai kemampuan metakognitif ditinjau dari kategorisasi sikap belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,000 > taraf signifikansi 0,05, dimana sikap belajar positif memiliki nilai kemampuan metakognitif lebih besa dibandingkan sikap belajar negatif. Sehingga terdapat pengaruh sikap belajar terhadap kemampuan metakognitif; (3) terdapat perbedaan rata-rata untuk nilai kemampuan metakognitif ditinjau dari interaksi efikasi diri dan sikap belajar terhadap kemampuan metakognitif. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,025 > taraf signifikansi 0,05, dimana interaksi efikasi diri tinggi dan sikap belajar positif memilik nilai terbesar dibandingkan interaksi yang lain. Sehingga terdapat pengaruh interaksi efikasi diri dan sikap belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. Kata Kunci: efikasi diri, sikap belajar, kemampuan metakognitif ABSTRACT Bayu Aji Prasetyo. The Effect of Self-Efficacy and Learning Attitudes toward Metacognitive Ability of Class X Vocational School Students in Mathematics Learning. S1-Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. The purpose of this research is to find out; 1) the effect of self-efficacy on metacognitive abilities, 2) The effect of learning attitudes on metacognitive abilities, 3) the effect of self-efficacy and learning attitudes on metacognitive abilities. This research is an ex-post facto quantitative research. To meet the purpose, the sampling used simple random sampling. The subjects of this study were 28 students of class X SMK N 1 Pacitan class X TKJ 3 in the 2019/2020 academic year. The instruments used in this study were questionnaire and test. While the analysis of the data used is two ways-Anova SPSS 16.0 for windows. Based on the research fundings, it can be concluded that (1) there is no difference in the mean for metacognitive ability scores viewed from the self-efficacy categorization. This can be seen from the significance value of 0.271 > 0.05 significance level. So that there is no effect of self-efficacy on metacognitive abilities; (2) there is a difference average for the value of metacognitive abilities viewed from of the categorization of learning attitudes. This can be seen from the significance value of 0.000> the significance level of 0.05, where positive learning attitudes have a higher value for metacognitive abilities than negative learning attitudes. So there is an influence of learning attitudes on metacognitive abilities, (3) there is difference average for the value of metacognitive abilities in viewed from the interaction of self-efficacy and learning attitudes towards metacognitive abilities. This can be seen from the significance value 0.025> 0.05 significance level, where the interaction of high self-efficacy and positive learning attitudes has the highest value compared to other interactions. So there is an influence of self-efficacy interactions and learning attitudes on students' metacognitive abilities. Keywords: self-efficacy, learning attitudes, metacognitive abilities

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULchoeeroel@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULchoeeroel@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Sofyan Hadi Sofyan Hadi
Date Deposited: 09 Sep 2020 13:51
Last Modified: 14 Sep 2020 04:15
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item