ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP PROCESS DAN BEHAVIORAL MODIFICATION TERHADAP PERILAKU INDISPLINER SISWA DENGAN EMOTIONAL DISORDERS DI KELAS IV SDN BANJARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LESTARI, ENDAH WAHYU (2020) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP PROCESS DAN BEHAVIORAL MODIFICATION TERHADAP PERILAKU INDISPLINER SISWA DENGAN EMOTIONAL DISORDERS DI KELAS IV SDN BANJARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ENDAH WAHYU LESTARI_PGSD_AB2020.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification, (2) Perilaku indisipliner siswa dengan emotional disorders melalui penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification, dan (3) Implikasi penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification pada perilaku indisipliner siswa dengan emotional disorders (tunalaras) . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan 1 subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa kelas IV SDN Banjarjo yang merupakan siswa yang mengalami gangguan emosi dan perilaku (tunalaras). Objek penelitian ini adalah perilaku indisipliner siswa dengan emotional disorders (tunalaras) melalui penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification yang dilakukan guru dalam pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah penerapan kedua strategi tersebut dengan baik, (2) Perilaku indisipliner yang biasanya dilakukan oleh siswa dengan emotional disorders (tunalaras) mengalami penurunan setelah diberikan aksi dengan penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification oleh guru, dan (3) Penerapan strategi pembelajaran Group Process dan Behavioral Modification memberikan dampak positif pada perilaku indisipliner siswa dengan emotional disorders (tunalaras) . Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Proses Kelompok, Modifikasi Perilaku, Siswa dengan emotional disorders (tunalaras) , Gangguan Emosi.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 09 Sep 2020 13:57
Last Modified: 09 Sep 2020 13:57
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item