MENGKONSTRUK PENGETAHUAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

ARDHYANTAMA, VIT (2018) MENGKONSTRUK PENGETAHUAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. LPPM STKIP PGRI PACITAN, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS 2018. ISBN 978-602-53557-1-4

[img] Text
prosiding LPPM 2018.pdf

Download (398kB)
[img] Text
cek plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
prosiding nasional 1 (2018) mengkonstruk pengetahuan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif peer review.pdf

Download (204kB)

Abstract

Melalui kemampuan berpikir kreatif manusia memiliki nilai yang tidak mampu digantikan. Manusia, tidak seperti mesin, kendatipun data yang diberikannya sama, mereka akan memiliki kemampuan memaknai atau memahami secara berbeda, dan bahkan memformulasikannya secara berbeda pula (Sudarma, 2016:6). Konstruksi pengetahuan dengan pengalaman- pengalaman yang secara nyata dialami oleh anak akan melatih kemampuannya dalam membuat keterhubungan dan membentuknya menjadi sebuah informasi yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengkonstruksi pengetahuan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah studi literatur. Hasil telaah menunjukkan bahwa proses asimilasi dan akomodasi pengalaman dan pengetahuan dalam mengkonstruk pengetahuan sangat membantu dalam proses berpikir kreatif.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 09 Nov 2020 02:57
Last Modified: 20 Nov 2020 01:52
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item