EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING (ONLINE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI DI SMKN 3 PACITAN

INDRIYANI, SEKTI (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING (ONLINE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI DI SMKN 3 PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
SEKTI INDRIYANI_PM_AB2021.pdf

Download (461kB)
[img] Text
SEKTI INDRIYANI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
SEKTI INDRIYANI_BAB 123_PM2021.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika secara daring (online) terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI di SMKN 3 Pacitan, (2) untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang diterapkan aplikasi Google Classroom dengan kelas yang tidak diterapkan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan metode penelitian quasi exsperimental design dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TBS 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI TKRO 1 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika secara daring (online) terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI di SMKN 3 Pacitan terbukti efektif; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran siswa pada kelas yang diterapkan aplikasi Google Classroom dengan kelas yang tidak diterapkan aplikasi Google Classroom. Hal ini dapat dilihat dari nilai rerata n-gain untuk kelas eksperimen 1 sebesar 72,5980 dan untuk kelas eksperimen 2 sebesar 32,7941. Kelas eksperimen 1 memiliki nilai rerata n-gain yang lebih tinggi, oleh karena itu kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom efektif digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring (online) di kelas XI SMK Negeri 3 Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Google Classroom, Matematika ABSTRACT The purposes of this study are: (1) to determine the effectiveness of using the Google Classroom application in online mathematics learning towards student learning outcomes in class XI at SMKN 3 Pacitan, (2) to find out how big the difference between students' mathematics learning outcomes in classes that apply the Google Classroom application and classes that do not apply the Google Classroom application.. This research is an experimental research using a quasi-experimental research design method with a quantitative approach. The research design used is a non-equivalent control group design. The sampling technique used is purposive sampling. The data collection techniques using tests. The sample of this study was class XI TBS 2 as the experimental class 1 and class XI TKRO 1 as the experimental class 2. The data analysis technique was carried out by t-test and n-gain test. The results showed that: (1) the use of Google Classroom application in online mathematics learning towards student learning outcomes in class XI at SMKN 3 Pacitan proved effective; (2) there were differences between students’ learning outcomes in classes that applied Google Classroom application with which did not apply Google Classroom application. This can be seen from the mean value of n-gain for the experimental class 1 of 72.5980 and the experimental class 2 of 32.7941. Experimental class 1 has a higher average value of n-gain, therefore experimental class 1 has a higher increase compared to experimental class 2. Based on the results of research and hypothesis testing, it can be concluded that the use of the Google Classroom application is effective in online mathematics learning of class XI SMK Negeri 3 Pacitan for the 2021/2022 academic year. Keywords : Effectiveness, Google Classroom Application, Mathematics

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 28 Aug 2021 07:20
Last Modified: 22 Feb 2024 03:40
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item