ANALISIS PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI

RAHAYU, SUSIANA (2021) ANALISIS PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
SUSIANA RAHAYU_PI_AB2021.pdf

Download (416kB)
[img] Text
SUSIANA RAHAYU_CEK PLAGIASI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
SUSIANA RAHAYU_PI_AR2021.pdf

Download (815kB)
[img] Text
SUSIANA RAHAYU_BAB I_PI2021.pdf

Download (621kB)
[img] Text
SUSIANA RAHAYU_BAB II_PI2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUSIANA RAHAYU_BAB III_PI2021.pdf

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan yang pertama Pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan dimasa pandemi di kelas X SMA Negeri Tulakan, yang kedua hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemic kelas X SMA Negeri Tulakan, dan yang terahir solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan dimasa pandemi kelas X SMA Negeri Tulakan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan dimasa pandemi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara Bersama guru kelas X yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara Bersama 3 peserta didik kelas X, observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Guru telah memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. 2) Dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp ditemukan beberapa hambatan yaitu gangguan sinyal, memori hp penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan peserta didik, sulit memahami materi yang diberikan. 3) pada penelitian ini juga mendiskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan. Dari hasil penelitian disarankan agar pendidik mampu membuat variasi pembelajaran terutama menggunakan fitur yang ada pada WhatsApp, menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan (Daring). Kata kunci : WhatsApp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam Jaringan ABSTRACT This study aims to describe first, the use of WhatsApp as an online learning media during the pandemic in class X SMA Negeri Tulakan, second, the obstacles that occurred in the use of WhatsApp as an online learning medium during the pandemic class X SMA Negeri Tulakan, and the last solutions carried out to overcome obstacles in the use of WhatsApp as an online learning media during the pandemic in class X SMA Negeri Tulakan This research is a descriptive qualitative research with a phenomenological type of research that describes the use of WhatsApp as an online learning media during a pandemic. The data from this study were obtained through interviews with class X teachers who became the main source of this research, then interviews with 3 students in class X, passive participation observations and documentation as supporting data from the interviews. The results of the study showed that: 1) Teachers have used WhatsApp as a learning medium in supporting online learning activities by utilizing various available features such as photo, video, document and video call features. 2) In the implementation of the use of WhatsApp, several obstacles were found, namely internet signal resistance, unsupported cellphone, lack of interaction, difficulty in controlling students seriousness, difficulty in understanding the material. 3) This study also described the solutions that have been carried out to overcome the obstacles that occur from the use of WhatsApp as an online learning media. From the results of the study, it was suggested that teachers would be able to make learning variations, especially using the features available on WhatsApp, mastering and using IT in the online learning process. Key Words: WhatsApp, Learning Media, Online Learning

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDFAMUKHIT, MUGA LINGGARmugalinggar@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh8091@gmail.com
UNSPECIFIEDFAMUKHIT, MUGA LINGGARmugalinggar@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 01:49
Last Modified: 10 Nov 2021 05:22
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item