PENGGUNAAN FASILITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 NGRECO TAHUN AJARAN 2020/2021

ARININGRUM, ARININGRUM (2021) PENGGUNAAN FASILITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 NGRECO TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ARININGRUM_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
ARININGRUM_CEK PLAGIASI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
ARININGRUM_PGSD_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARININGRUM_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). penggunaan fasilitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Ngreco tahun ajaran 2020/2021. (2) fasilitas pembelajaran daring yang digunakan di kelas IV SDN 2 Ngreco tahun ajaran 2020/2021. (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan fasilitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan 5 siswa dan guru di kelas IV SDN 2 Ngreco. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Pembelajaran daring dengan penggunaan fasilitas pembelajaran daring berjalan dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp ketika guru memberikan tugas kepada siswa. 2. Fasilitas yang digunakan adalah handphone dengan aplikasi WhatsApp. 3. Faktor pendukung meliputi alat komunikasi yang ada, kemampuan untuk membeli kuota internet, guru pembimbing, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi jaringan internet yang tidak stabil, siswa sulit memahami materi, tidak mempunyai alat komunikasi,.dan adanya pemadaman listrik Kata Kunci: pembelajaran daring, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar ABSTRACT This study aims to determine: (1). the use of online learning facilities on the learning motivation of class IV SDN 2 Ngreco students for the 2020/2021 academic year. (2) online learning facilities used in IVSDN 2 Ngreco class for the 2020/2021 academic year. (3) the factors that support and hinder the use of online learning facilities on student learning motivation for the 2020/2021 academic year. This research is a qualitative descriptive study, using 5 students and teachers in class IVSDN 2 Ngreco. The data collection techniques used were observation, questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis used in this research is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of data analysis concluded that: 1. Online learning with the use of online learning facilities went well. 2. The facilities used are communication tools in the form of mobile phones. 3. Supporting factors include existing communication tools, the ability to buy internet quota, mentor teachers, and parental support. While the inhibiting factors include sometimes missing unstable internet network, students find it difficult to understand the material, do not have communication tools, and there is a power outage. Keywords: Online learning, learning facilities, learning motivation

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDWIDOYOKO, RIZA DWI TYASriza_widoyoko@yahoo.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 02:14
Last Modified: 11 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item