ANALISIS KEMALASAN SOSIAL DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET (STUDI KASUS PADA SISWA SD KELAS TINGGI DI MIM BANDAR 1)

PURNAMANINGRUM, PURNAMANINGRUM (2021) ANALISIS KEMALASAN SOSIAL DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET (STUDI KASUS PADA SISWA SD KELAS TINGGI DI MIM BANDAR 1). Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
PURNAMANINGRUM_PGSD_AB2021.pdf

Download (414kB)
[img] Text
PURNAMANINGRUM_CEK PLAGIASI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
PURNAMANINGRUM_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan intensitas penggunaan gadget dan tingkat kemalasan sosial pada siswa kelas tinggi di MIM Bandar 1. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sebagai subjek penelitian adalah 2 guru, 4 orangtua, dan 17 siswa MIM Bandar 1. Datanya diperoleh dari metode angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas tinggi di MIM Bandar 1 berada pada kategori sedang atau sebesar 58,8%, selanjutnya 23,5% kategori tinggi, dan 17,6% kategori rendah; 2) tingkat kemalasan sosial siswa kelas tinggi di MIM Bandar 1 pada kategori sedang sebesar 64,71%, dan masing-masing 17,65% pada kategori tinggi dan rendah. Dengan demikia tingkat kemalasan sosial siswa bersesuaian dengan intensitas penggunaan gadget . Kata Kunci: Kemalasan Sosial, dan Intensitas Penggunaan Gadget ABSTRACT This study intended to describe the intensity of gadget use and the level of social loafing in high school students at MIM Bandar 1. The researcher used a qualitative research type. The research subjects were 2 teachers, 4 parents, and 17 MIM Bandar 1 students. The data were obtained from the questionnaire, interview and observation methods. The data analysis technique used is descriptive narrative using the Miles and Huberman model. Based on the results of data analysis, it can be concluded that: 1) the intensity of gadget use in high-grade students at MIM Bandar 1 was in the medium category or 58.8%, then 23.5% was in the high category, and 17.6% was in a low category; 2) the level of social loafing of high grade students at MIM Bandar 1 in the medium category was 64.71%, and 17.65% respectively in the high and low categories. Thus the level of student social loafing corresponds to the intensity of gadget use Keywords: Social Loafing, Intensity of Gadget Use.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDSETYOWATI, ERNAern45etyawati@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 01:45
Last Modified: 02 Mar 2022 06:47
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item