INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM IKLAN OUT DOOR

HENDRIYANTO, AGOES (2017) INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM IKLAN OUT DOOR. Medan Bahasa Jurnal Ilmiah Kebahasaan, 11 (1). pp. 83-93. ISSN 1907-1787

[img] Text
A-IV-5-MEDANBAHASA-Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam iklan Kuliner.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
A-IV-5-MEDANBAHASA-Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam iklan Kuliner-dikompresi.pdf

Download (588kB)
[img] Text
C-1-A-IV-5-JURNAL-NAS-MEDANINTEGRASI-NILAI-KEARIFAN-LOKAL-MEDAN-BAHASA-OKLE.pdf

Download (6MB)
[img] Text
12-JURNAS-TDK-INTEGRASI-NILAI-IKLAN KULINER.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan objek iklan out door di jalan Yogyakarta,. Tujuan penelitian untuk mengetahui integrasi nilai kearifan lokal terhadap iklan kuliner. Integrasi nilai kearifan lokal dalam iklan kuliner akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kuliner khas Jawa. Pilihan kata dalam iklan seperti; gudeg, yu djum, seger waras, rawon, baskom, soto, suedep, ayam kampung, malon (manuk londo), Yogya, cahaya, lancar, sumber urip memberikan kesan yang mendalam. Nilai kearifan lokal yang terdapat dalam wacana iklan tersebut harus berkorelasi positif dengan makanan, tempat, perangkat makan, serta suasana rumah makan. Suasana keakraban, kekeluargaan, serta harga yang bersahabat menjadi ciri khas rumah makan tersebut. Oleh sebab itu integrasi nilai kearifan lokal dalam pesan iklan kuliner lebih diarahkan pada nilai-nilai kehidupan yang melekat, bermakna, dan biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa. Kata kunci: integrasi, iklan, kuliner ABSTRACT Research with the object of advertising out door Yogyakarta on the way. The aim of research to find out the integration of the values of local wisdom culinary advertising. The integration of the value of local knowledge in the culinary ad will enhance public confidence in the typical culinary Java. The choice of words in the ad such as; gudeg, yu Djum, Seger sane, rawon, bowl, soup, suedep, chicken, Malon (manuk londo), Yogya, light, smooth, sources urip a deep impression. The value of local wisdom contained in the advertisement discourse should be positively correlated with food, shelter, tableware, as well as the atmosphere of the restaurant. Atmosphere of intimacy, familiarity, and a friendly price become the hallmark of the restaurant. Therefore, the integration of the value of local knowledge in more culinary advertising messages directed at the values inherent life, meaningful, and usually carried out by the Java community. Keywords: integration, advertising, culinary

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Agoes Hendriyanto Agoes
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:38
Last Modified: 27 Sep 2021 04:38
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item