DAMPAK EKSTRAKULIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN PRINGKUKU TAHUN 2022/2023

MUKIB, YUSUF and SAPUTRI, ALFIA BELLA and MUNI'AM, TAMA and ANSHORY, ICHSAN and PIANTO, HERU ARIF (2022) DAMPAK EKSTRAKULIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN PRINGKUKU TAHUN 2022/2023. DAMPAK EKSTRAKULIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN PRINGKUKU TAHUN 2022/2023.

[img] Text
Artikel Ilmiah PPL_Sejarah_112848.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan deskripsi mengenai dampak ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar siswa SMKN Pringkuku. Deskripsi tersebut berguna sebagai pathokan untuk mengukur seberapa manfaat suatu penyelenggaraan ekstrakulikuler. Metode penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan data deskripsi dalam bentuk lisan dan tulisan mengenai pola dan perilaku siswa SMKN Pringkuku. Setiap ekstrakulikuler menyumbang dampak baik bagi prestasi belajar peserta didik. Dampak yang dihasilakan oleh masing-masing ekstra berbeda-beda karena setiap ekstrakulikuler memiliki fokus pengembangan yang tidak sama. Perbedaan dampak tersebut teklasifikasikan kepada jenis pretasi belajar yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menyimpulkan kegiatan ekstrakuliler di SMK Pringkuku menjadi kegiatan yang efektif untuk menunjang prestasi belajar siswa. Terdapat beberapa ekstra yang menjadi tambahan bantuan materi pelajaran di kelas. Akan tetapi, perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan produktivitas setiap ekstrakulikuler yang ada. Terdapat beberapa ekstra seperti teater, jurnalistik dan drumband yang mengalami ketidakaktifan. Kata kunci: ekstrakulikuler, dampak, prestrasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:55
Last Modified: 24 Oct 2022 04:09
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item