ANALISIS KESALAHAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DITINJAU DARI FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 PACITAN

TRIAS, DWI MULYANING (2022) ANALISIS KESALAHAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DITINJAU DARI FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DWI MULYANING TRIAS_PM_AB2022.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DWI MULYANING TRIAS_PM_AR2022.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DWI MULYANING TRIAS_BAB 1_PM2022.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DWI MULYANING TRIAS_BAB 2_PM2022.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DWI MULYANING TRIAS_BAB 3_PM2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan belajar yang dialami siswa kelas XI SMKN 3 Pacitan dengan kategori faktor kesulitan belajar tinggi, sedang, dan rendah pada PTM terbatas. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen angket faktor kesulitan belajar, tes uraian dan wawancara. Teknik pemilihan subjek menggunakan purpossive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesalahan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori tinggi memiliki beberapa kesalahan, diantaranya transformation errors hanya beberapa soal yang mampu dituliskan rumusnya, sedangkan pada sebagian besar soal subjek tidak bisa menuliskannya, selanjutnya process skill errors lebih banyak soal yang mempunyai kesalahan proses daripada yang benar, kemudian pada encoding errors pada umumnya siswa memberikan kesimpulan tetapi masih ada yang salah, sedangankan beberapa soal lainnya dapat diberikan kesimpulan dengan benar. Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori sedang dan rendah memiliki beberapa kesalahan, diantaranya comprehension errors pada umumnya siswa mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, namun ada soal yang tidak dipahami subjek, transformation errors hanya beberapa soal yang mampu dituliskan rumusnya, sedangkan pada sebagian besar soal subjek tidak bisa menuliskannya, selanjutnya process skill errors lebih banyak soal yang mempunyai kesalahan proses daripada yang benar, kemudian pada encoding errors pada umumnya siswa tidak memberikan kesimpulan atau memberikan tetapi salah sedangkan beberapa soal lainya dapat diberikan kesimpulan dengan benar. Kata Kunci : Kesalahan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:33
Last Modified: 23 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item