PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS IV SDN 1 BORANG

MASRUR, ALIFUDDIN (2022) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS IV SDN 1 BORANG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ALIFUDDIN MASRUR_PGSD_AB2022.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ALIFUDDIN MASRUR_PGSD_AR2022.pdf

Download (232kB)
[img] Text
ALIFUDDIN MASRUR_PGSD_Cek Plagiasi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PGSD_ALIFUDDIN MASRUR_BAB I.pdf

Download (870kB)
[img] Text
PGSD_ALIFUDDIN MASRUR_BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PGSD_ALIFUDDIN MASRUR_BAB III.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alifuddin Masrur. Pembelajaran IPA Menggunakan Media Pop-Up Book Tiga Dimensi Untuk Melatih Belajar Mandiri Siswa Kelas IV SDN 1 Borang Di Masa New Normal. Pacitan. STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media pop up book tiga dimensi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Borang, (2) Mendeskripsikan kemampuan belajar mandiri siswa dengan menggunakan media pop up book tiga dimensi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Borang, (3) Mendeskripsikan hambatan penggunaan media pop up book tiga dimensi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Borang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah Guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 1 Borang dengan jumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book tiga dimensi lebih menyenangkan karena medianya mudah digunakan dan dipahami oleh siswa, gambar pada media juga menggambarkan secara nyata. 2) Penggunaan media pop up book pada pembelajaran IPA dapat melatih belajar mandiri siswa hal ini dapat dilihat ketika diberikan pertanyaan siswa mampu menjawab dengan tepat, siswa aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan mencari informasi. 3) Hambatan penggunaan media pop up book adalah waktu pengerjaan yang cenderung lama juga menuntut ketelitian dalam pembuatannya dan biaya pembuatannya yang lebih banyak dibandingkan dengan buku biasa. Kata Kunci: Pop Up Book, Pembelajaran IPA, Belajar Mandiri ABSTRACT Alifuddin Masrur. Learning Science by Using three dimensional pop up book media to practice an independent learning concept in new normal to the students of IV Class at SDN 1Borang. Pacitan. STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study is aimed to (1) describing the use of three-dimensional pop-up book media in science learning in class IV SDN 1 Borang, (2) describing students’ independent learning abilities use three-dimensional pop-up book media in science learning in class IV SDN 1 Borang, (3) describing the barriers of the use three-dimensional pop-up book media in science learning at class IV SDN 1 Borang. This research used a qualitative research with a descriptive approach. The informants of this study were the fourth grade teachers and the fourth grade students of SDN 1 Borang with a total of 10 children. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used the Miles and Hubberman model. Based on the results of the study, it can be concluded that (1) the use of three-dimensional pop-up book media was more fun because the media was easy to use and understand by students. It was because the pictures on the media also described it realistically. 2) Using pop-up book media in science learning can train students’ independent learning. This can be seen when students were given questions to be able to answer correctly, students were active in asking, discussing, and seeking information. 3) The barriers of the use pop-up book media were the processing time which tends to be long and required accuracy in its manufacture and the cost of making it was more than the ordinary books. Keywords: Pop Up Book, Science Learning, Independent Learning

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:46
Last Modified: 23 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item