PENGARUH PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK

HADI, SAMSUL and WINARNI, WINARNI and DAMAYANTI, DAMAYANTI and KURNIYAWATI, KURNIYAWATI and SARI, ELFITA and DEFI, LATIFAH KUMALLA (2022) PENGARUH PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK. PENGARUH PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK.

[img] Text
AI_PPL_KELOMPOK 6_PM.pdf

Download (340kB)

Abstract

Pelajaran matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka masih menjadi bagian penting pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pada mata pelajaran matematika terhadap minat belajar siswa di SMKN Kebonagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 84 siswa dari kelas X SMKN Kebonagung. Perolehan data dilakukan dengan pemberian angket dengan menggunakan skala likert, analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16 yang terdiri dari analisis deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis. Uji prasyarat yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel persepsi pada mata pelajaran matematika terhadap minat belajar siswa. Besar sumbangan variabel persepsi pada mata pelajaran matematika terhadap variabel minat belajar siswa sebesar 26,9% dan sisanya sebanyak 73,1% disumbang oleh variabel lain tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: persepsi, minat belajar, matematika

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:15
Last Modified: 31 Oct 2022 04:15
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item