WORKSHOP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA

PUSPITASARI, INDAH and WIBAWA, SAPTANTO HARI and FAJRI, MUHAMMAD RIDFAN (2022) WORKSHOP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 111-119. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-123-131-WORKSHOP-PEMBELAJARAN-BERDIFERENSIASI.pdf

Download (726kB)
[img] Text
WORKSHOP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan mahasiswa tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya meningkatkan potensi guru dan mahasiswa, dalam rangka menghadapi perubahan dan perkembangan kurikulum pendidikan di era digital. Sasaran kegiatan adalah guru (SD, SMP, SMA/SMK) dan mahasiswa. Dalam pelaksanaan, tim abdimas bermitra dengan Komunitas Guru Penggerak Angakatan V Kabupaten Pacitan. Kegiatan workshop pembelajaran berdiferensiasi ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom dan streaming YouTube. Hal ini dimaksudkan agar jangkauan peserta kegiatan menjadi semakin luas dan tidak terbatas di wilayah Pacitan saja. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan: (1) Persiapan, meliputi kegiatan survey, penetapan lokasi, dan sasaran kegiatan; (2) Pelaksanaan, meliputi kegiatan pelatihan; (3) Akhir/Evaluasi dan Tindak Lanjut, meliputi penyusunan laporan kegiatan, evaluasi, dan penyusunan proyeksi/rencana kegiatan sebagai tindak lanjut. Sesi kegiatan meliputi: (1) Pembelajaran yang berpihak Pada Murid; (2) Pembelajaran Berdiferensiasi; (3) Praktek Baik Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar; (4) Praktek Baik Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP; dan (5) Praktek Baik Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA/SMK. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab interaktif, dan praktek. Kesimpulan dari kegiatan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi ini, diharapkan mampu meningkatkan potensi guru dan mahasiswa agar mampu mengimplementasikan bagaimana pembelajaran yang berpihak kepada murid itu. Kata Kunci: workshop, pembelajaran, berdiferensiasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 May 2023 07:19
Last Modified: 16 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item