ANALISIS KEBIASAN BELAJAR PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PURWANTO, DIDIK (2020) ANALISIS KEBIASAN BELAJAR PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DIDIK PURWANTO_PGSD_AB2020.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DIDIK PURWANTO_PGSD_AR2020.pdf

Download (479kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar pada hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sempu Kecamatan Nawangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 5 siswa yang terdiri 4 perempuan dan 1 laki-laki kelas V SDN 4 Sempu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa kelas IV DI SDN 4 Sempu sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sempu. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Kebiasaan belajar siswa kelas IV SDN 4 Sempu Kecamatan Nawangan ada beberapa aspek diantaranya kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasan belajar mandiri dirumah, kebiasaan belajar kelompok, kebiasaan mempelajari buku teks dan kebiasaan menghadapi ujian. 2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sempu Kecamatan Nawangan bahwa dari 5 indikator kebiasaan belajar siswa ( kebiaasan mengikuti pelajaran disekolah, kebiasaan belajar mandiri dirumah, kebiasaan belajar kelompok, kebiasaan mempelajari buku teks, kebiasaan sebelum ujian yaitu hasil belajar siswa SDN 4 Sempu rendah dari nilai KKM yang ada disekolah Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar siswa Abstract. This study aims to describe the learning habits of the fourthgrade students of SDN 4 Sempu, Nawangan District, 2019/2020 academic year. This research is a qualitative study using a qualitative descriptive method. The research subjects were 5 students consisting of 4 girls and 1 boy in grade V SDN 4 Sempu. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. Observation and interviews were used to determine the learning habits of fourth grade students at SDN 4 Sempu, while documentation was used to determine the learning outcomes of fourth grade students at SDN 4 Sempu. The validity of the data used techniques and source triangulation techniques. The data analysis used a qualitative descriptive technique. The results obtained in this study are: 1) The learning habits of the fourth grade students of SDN 4 Sempu, Nawangan District, there are several aspects including the habit of following lessons, the habit of studying independently at home, the habit of studying groups, the habit of studying textbooks and the habit of facing exams. 2) The learning outcomes of the fourthgrade students of SDN 4 Sempu, Nawangan Subdistrict, that of the 5 indicators of student learning habits (habit of attending school lessons, independent study habits at home, group study habits, textbook study habits, pre-exam habits are low learning outcomes of SDN 4 Sempu students. of the KKM values that exist in schools Keywords: study habits, student learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sofyan Hadi Sofyan Hadi
Date Deposited: 14 Sep 2020 09:48
Last Modified: 14 Sep 2020 09:48
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item