ANALISIS EFEKTIVITAS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X MM 1

WINATA, RIZZA DWI (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X MM 1. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
6. Rizza Dwi.pdf

Download (214kB)

Abstract

Dalam pembelajaran diperlukan evaluasi untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran. Pada umumnya, evaluasi pembelajaran dilakukan secara tertulis menggunakan kertas dan membutuhkan waktu untuk memeriksanya. Pada masa pandemi COVID-19 sekarang,  dunia pendidikan dalam hal ini sekolah dituntut untuk melakukan proses pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Salah satu caranya dengan menggunakan Google Form. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas Google Form dalam evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Desain Grafis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek siswa kelas X MM 1 pada SMKN Kebonagung. Penelitian menggunakan metode diskriptif, kualitatif dengan Teknik wawancara kepada guru mata pelajaran secara online kemudian pembuatan grub WhatsApp sebagai media kordinasi siswa untuk bergabung pada link Google Form, pengumpulan data melalui partisipasi siswa pada tugas evaluasi pembelajaran dalam Google Form. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi pembelajaran siswa menggunakan Google Form diperoleh data dengan jumlah yang mengerjakan ulanagn harian sebanyak 16 siswa dari 34 peresta didik. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Form mendapat respon kurang baik karena kurangnya akses internet dan keterbatasan kuota internet. Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran daring, Google Form

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDIMUKSA, WIRAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 20 May 2022 03:47
Last Modified: 20 May 2022 03:47
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item