SUGIYONO, SUGIYONO (2018) ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2018. pp. 138-148.
Text
8. Pembelajaran Matematika pada Permainan Tradisional Anak sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Etnomatematika pada Permainan Tradisional Anak Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan keterkatan permainan tradisional anak, etnomatematika, dan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, analisis studi literasi terhadap hasil penelitan etnomatematika. Penelitian menganalisis hasil-hasil penelitian etnomatematika yang telah dikaji dan dipublikasi oleh para peneliti terdahulu. Hasil pembahasan ini bahwa permainan tradisional anak dapat digunakan secara efektif dalam mengajarkan nilai-nilai, sehingga perlu merancang game baru yang mampu mengajarkan nilai-nilai kepada anak yang dapat dijadikan sumber belajar yang mengarahakan perasaan, pikiran, dan perilaku anak-anak. Etnomatematika dapat dijadikan konsep dalam penyusunan kurikulum pembelajaran matematika di sekolah, dengan cara mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman budaya dan harian siswa. Media pembelajaran di Sekolah Dasar dapat disesuaikan denghan model kurikulum enomatematika. Kata kunci: permainan tradisional, etnomatematika, media pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 04:17 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1018 |
Actions (login required)
View Item |