ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

SUGIYONO, SUGIYONO (2018) ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2018. pp. 138-148.

[img] Text
8. Pembelajaran Matematika pada Permainan Tradisional Anak sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Etnomatematika pada Permainan Tradisional Anak Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan keterkatan permainan tradisional anak, etnomatematika, dan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, analisis studi literasi terhadap hasil penelitan etnomatematika. Penelitian menganalisis hasil-hasil penelitian etnomatematika yang telah dikaji dan dipublikasi oleh para peneliti terdahulu. Hasil pembahasan ini bahwa permainan tradisional anak dapat digunakan secara efektif dalam mengajarkan nilai-nilai, sehingga perlu merancang game baru yang mampu mengajarkan nilai-nilai kepada anak yang dapat dijadikan sumber belajar yang mengarahakan perasaan, pikiran, dan perilaku anak-anak. Etnomatematika dapat dijadikan konsep dalam penyusunan kurikulum pembelajaran matematika di sekolah, dengan cara mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman budaya dan harian siswa. Media pembelajaran di Sekolah Dasar dapat disesuaikan denghan model kurikulum enomatematika. Kata kunci: permainan tradisional, etnomatematika, media pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:29
Last Modified: 16 Jun 2023 04:17
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item