SUGIYONO, SUGIYONO and IRIYANTI, SRI (2019) PENDIDIKAN KONSEP DIRI BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2019. pp. 325-331. ISSN 978-602-53557-5-2
Text
E. Artikel Abdimas_1.pdf Download (127kB) |
|
Text
15. PENDIDIKAN KONSEP DIRI BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN - turnitin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi sudah merambah di pelosok-pelosok kampung di pedesaan. Salah satu indikatornya masyarakat telah dapat menikmati internet di mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Bahkan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) pun sudah layaknya masyarakat di kota yang selalu lekat dengan internet. Dengan maraknya dunia maya, maka dikhawatirkan anak-anak tidak mampu menyaring beragam informasi yang dapat menjerumuskannya. Oleh karena itu, perlu penanaman konsep diri sejak dini bagi anak-anak agar memiliki benteng kuat. Dengan harapan mereka tidak goyah ketika berbenturan dengan pengaruh dari luar yang mempengaruhinya. Sehingga anak-anak memiliki jati diri yang kuat dan tangguh dalam menghadapi kemajuan teknologi.Artikel ini merupakan hasil studi kepustakaan, data-data pada artikel ini dikumpulkan dari karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan obyek kajian. Pada kajian ini telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahanbahan pustaka yang relevan. Kesimpulan kajian ini sebagai berikut: 1) Pendidikan konsep diri pada anak dapat ditanamkan melalui; model pendampingan, gaya interaksi mendorong (enabling), dangaya interaksi yang menghambat. Selain itu dapat juga melalui pendekatan bimbingan konseling, diantaranya; 1) bimbingan kelompok; 2) penyuluhan individu; 3) bimbingan lapangan; dan 4) bimbingan klasikal. Kata kunci: teknologi, pendidikan, konsep diri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 02:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 04:51 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1021 |
Actions (login required)
View Item |