MUSTOFA, ARIF (2022) PELATIHAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE OBSERVASI PADA SISWA MAN PACITAN TAHUN 2022. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022. pp. 20-24. ISSN 2964-8556
Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-32-36-PELATIHAN-MENULIS-CERPEN-DENGAN-METODE-OBSERVASI.pdf Download (700kB) |
Abstract
Kegiatan pelatihan menulis drama dengan metode observasi bertujuan untuk a) meningkatkan kemampuan siswa menemukan ide cerita; b) meningkatkan kemampuan siswa mengembangkan ide cerita; dan c) meningkatkan kemampuan siswa memilih diksi dalam menulis cerita pendek. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan selama 32 jam dengan rincian 2 jam teori tatap muka, 3 jam observasi lapangan, 1 jam menulis rencangan cerita pendek, 1 jam evaluasi rancangan cerita secara tatap muka, dan 25 jam pendampingan secara daring. Berasar pengamatan dan angket, diketahui bahwa siswa merasa lebih tertantang untuk bisa menulis cerita pendek. Mereka merasa lebih mampu mencari cerita setelah melihat peristiwa. Luaran kegiatan berupa kumpulan cerita pendek yang diterbitkan ber-QRCBN. Kata Kunci: observasi, menulis, cerpen
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:53 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:53 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |