MISKONSEPSI GURU SD DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR GEOMETRIDI SEKOLAH DASAR

YOHANES, RUDI SANTOSO (2022) MISKONSEPSI GURU SD DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR GEOMETRIDI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 95-104. ISSN 2964-8556

[img] Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-107-116-MISKONSEPSI-GURU-SD-DALAM-MEMAHAMI-KONSEP-DASAR-GEOMETRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miskonsepsi matematika pada jenjang Sekolah Dasar masih banyak ditemukan. Penelitian-penelitian untuk mengatasi miskonsepsi siswa juga sudah banyak dilakukan, namun penelitian yang meneliti miskonsepsi matematika yang terjadi pada guru masih sedikit. Padahal penelitian ini menjadi penting, karena apabila ditemukan miskonsepsi pada guru, maka ada indikasi bahwa guru ikut ambil bagian terhadap terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsespsi yang terjadi pada guru SD dalam memahami konsep dasar geometri Sekolah Dasar. Subjek penelitian terdiri dari 9 guru SD yang mengikuti pelatihan pemecahan masalah matematika bagi guru SD yang diadakan di kampus UKWMS Kampus kota Madiun. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Geometri dasar dimana butir-butir soalnya diambil dari literatur-literatur dimana siswa serinG mengalami miskonsepsi. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis jawaban guru untuk mendeteksi terjadinya miskonsepsi yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa guru masih mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep dasar geometri yang dipelajari di Sekolah Dasar. Meskipun persentasenya kecil, masalah ini perlu memperoleh perhatian yang serius, mengingat seorang guru seharusnya bebas dari miskonsepsi. Kata Kunci: Miskonsepsi, Guru Sekolah Dasar, Konsep Dasar, Geometri.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 May 2023 06:55
Last Modified: 15 May 2023 06:55
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item