APRIYANI, DWI CAHYANI NUR (2022) PENGUATAN NUMBER SENSE DAN SPATIAL LITERACY MELALUI FUN MATH CLASS UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 105-110. ISSN 2964-8556
Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-117-122-PENGUATAN-NUMBER-SENSE-DAN-SPATIAL-LITERACY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan pergeseran praktik pembelajaran dari pembelajaran langsung ke pembelajaran jarak jauh. Dampaknya adalah kualitas dan efektifitas pembelajaran sedikit menurun dan terjadi learning loss. Tak ayal, kemampuan seseorang dalam berhitung dan menerapkan fleksibilitas sifat operasi bilangan (number sense) menjadi kurang maksimal. Selain kemampuan number sense, kemampuan matematis yang juga perlu diperkuat adalah kemampuan literasi spasial (spatial literacy). Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) membekali dan meningkatkan motivasi mitra untuk belajar matematika, 2) meningkatkan pemahaman dan keterampilan number sense mitra abdimas, dan 3) meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi spasial mitra abdimas. Pendekatan yang digunakan untuk memperlancar program pengabdian kepada masyarakat ini adalah model pemberdayaan dengan tahapan koordinasi, penyampaian materi, praktik, dan refleksi. Hasil kegiatan ini yaitu 1) adanya peningkatan motivasi mitra untuk belajar matematika pada pembelajaran semester berikutnya, 2) adanya peningkatan keterampilan number sense mitra abdimas, dan 3) adanya peningkatan keterampilan spatial literacy pada mitra. Kata Kunci: number sense, literasi spasial, fun math class
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:11 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:11 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |