MULYADI, MULYADI (2022) METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK-ANAK MADIN DARUSSALAMAH DESA KLESEM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 132-136. ISSN 2964-8556
Text
Prosiding-Semnas-2022-vol-1-144-148-METODE-JARIMATIKA-UNTUK-MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-BERHITUNG-ANAKANAK-MADIN-DARUSSALAMAH-DESA-KLESEM.pdf Download (730kB) |
|
Text
2022. Prosiding Semnas. mulyadi. METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK-ANAK MADIN DARUSSALAMAH DESA KLESEM.pdf Download (789kB) |
Abstract
Jarimatika merupakan cara alternatif dalam perhitungan matematika supaya memberikan kesan yang berbeda, yakni matematika itu asik dan menyenangkan. Praktik metode perhitunganya cukup menggunakan jari tangan. Dengan metode jarimatika dapat memberikan inovasi untuk belajar matematika tanpa menggunakan alat hitung, serta dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) tahap persiapan meliputi kegiatan koordinasi, penetapan pelaksanaan dan jenis kegiatan, 2) tahap pelaksanaan; pendampingan belajar jarimatika, 3) tahap akhir/ evaluasi dan tindak lanjut meliputi penyusunan laporan kegiatan, evaluasi, dan penyusunan proyeksi/rencana kegiatan sebagai tindak lanjut. Hasil kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1) Anak-anak Madin Darussalamah mampu mengenal metode jarimatika yang dapat digunakan untuk mempermudah melakukan perhitungan tanpa alat hitung; 2) Kemampuan berhitung anak-anak Madin Darussalamah menggunakan metode Jarimatika menjadi lebih baik; 3) Menumbuhkan motivasi untuk belajar matematika karena anak-anak dapat belajar sambil bermain sehingga matematika terlihat lebih menyenangkan. Kata Kunci: Matematika, Jarimatika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:39 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:30 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
View Item |