MABRURI, ZUNIAR KAMALUDDIN (2022) PENDAMPINGAN PEMBUATAN SOAL HOTS, LITERASI, DAN NUMERASI GURU SMP DI KECAMATAN GEMOLONG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS tahun 2022, 1. pp. 166-169. ISSN 2964-8556
Text
Prosiding-Semnas-2022-vol1-178-181-PENDAMPINGAN-PEMBUATAN-SOAL-HOTS-LITERASI-DAN-NUMERASI-GURU-SMP-DI.pdf Download (757kB) |
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat soal HOTS. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kepada guru SMP di Kecamatan Gemolong Sragen. Tujuan yang diharapkan adalah guru terbiasa menyusun soal ulangan harian, sumatif tengah semester, dan sumatif akhir semester dengan menerapkan HOTS. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik terbiasa mengerjakan soal berbasis HOTS dan bermanfaat untuk studi dijenjang berikutnya (terbiasa berpikir kritis). Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan guru dapat menyusun soal berbasis HOTS secara berkelompok sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Kelompok dipilih dalam rangka untuk memberikan stimulus positif kepada para guru yang belum mengetahui dan memahami penyusunan soal berbasis HOTS untuk terpacu menjadi bisa menyusun secara mandiri dan diterapkan dalam menyusun soal evaluasi kepada siswa. Kata Kunci: HOTS, penyusunan soal, berpikir kritis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 16 May 2023 02:11 |
Last Modified: | 16 May 2023 02:11 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1051 |
Actions (login required)
View Item |