APAKAH INOVASI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 HARUS DILAKUKAN?

MUKODI, MUKODI (2023) APAKAH INOVASI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 HARUS DILAKUKAN? UPT PERPUSTAKAAN STKIP PGRI PACITAN, PACITAN.

[img] Text
APAKAH INOVASI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 HARUS DILAKUKAN_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pendidikan di Indonesia; (2) menguraikan solusi atas persoalan pendidikan pasca pandemi covid 19 di Indonesia. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah kajian kepustakaan (library research). Artinya, semua data yang diperoleh berasal dari jurnal, buku, laporan riset dan sumber-sumber lain yang relevan. Pisau analisis yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Hasil kajian ini menemukan bahwa; (a) pandemi covid-19 membutuhkan inovasi pendidikan dalam proses pembelajaran; (b) pendidikan pasca pandemi covid-19 menuntut adanya penerapan metode pembelajaran via hybrid/blended. Di masa depan, pembelajaran online (virtual) menjadi role model yang efektif dan efisien; (c) di era revolusi industri 4.0-5.0 (globalisasi) menuntut adanya kolaborasi dan sinerginitas antar lembaga pendidikan dalam melakukan inovasi pendidikan. Kata kunci: inovasi pendidikan, kolaborasi, dan pandemic covid-19

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:34
Last Modified: 15 Jun 2023 08:34
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item