MUKODI, MUKODI STUDI ILMU PENDIDIKAN : TINJAUAN FILOSOFIS-APLIKATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Abdimas 2020. pp. 198-206. ISSN 978-602-53557-6-9
Text
STUDI ILMU PENDIDIKAN_ TINJAUAN FILOSOFIS-APLIKATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pengantar Ilmu Pendidikan Tinjauan Filosofis-Aplikatif Di Era Revolusi Industri 4.0.pdf Download (2MB) |
Abstract
Riset ini mengkaji tentang studi pendidikan dilihat dalam perspektif filosofis-aplikatif di era revolusi industri 4.0. Dalam konteks ini, riset ini difokuskan pada (I) sejauhmana eksistensi ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0? (2) sejauhmanakah peranan ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0? Tujuannya, untuk menjelaskan dan menganalisis eksistensi ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0. Selain itu, juga untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan peranan ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0. Agar memudahkan tercapainya hasil riset yang baik, maka riset ini akan menggunakan metode library research (penelitian pustaka), dengan kategori kualitatif. Pisau analisis dengan9 memakai deskriptif-kualitatif. Hasil riset menjelaskan bahwa (I) eksistensi ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0 diwujudkan melalui adaptasi ilmu pendidikan pada kebutuhan, tuntutan kehidupan manusia, dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek); (2) peranan ilmu pendidikan di era revolusi industri 4.0 dilakukan melalui empat tahapan, yakni: (a) beradaptasi dan berintegrasi dengan teknologi; (b) beradaptasi dan berdamai dengan beragam varian virus kesehatan; (c) berkolaborasi dan bersinergi dengan beragam elemen; (d) berinovasi dan berkreasi untuk pemberdayaan kemanusiaan. Kata Kunci: Kurikulum, Millenial, Pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 08:44 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 01:29 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |