APRIYANI, DWI CAHYANI NUR (2022) PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PACITAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 14 (1). ISSN 2477-5851
Text
06 Pembelajaran Matematika Jarak Jauh-Cek Plagiasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh mau tidak mau terpaksa dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia dikarenakan adanya pandemi Covid-19 tak terkecuali seluruh SMP di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Pembelajaran matematika yang biasanya membutuhkan komunikasi langsung 2 arah antara pembelajar dan pengajar juga tidak dapat dilakukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui preferensi guru matematika SMP di Kabupaten Pacitan dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Penelitian ini mengambil data respond1e0n dari 142 guru yang berasal dari 65 SMP negeri dan swasta. Metode statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif sedangkan data kualitatif dianalisis dengan NVivo 12. Berdasarkan analisis diketahui bahwa semua guru matematika baik di sekolah negeri maupun swasta menjalankan pembelajaran daring. Empat aplikasi yang paling sering digunakan guru dalam mengajar daring yaitu WhatsApp, YouTube, Google Classroom, dan Google Form. Sebagian besar guru (sebanyak 91,55%) mengajarkan materi esensial berdasarkan kurikulum darurat yang dikeluarkan oleh Balitbang serta hampir semua guru telah memenuhi kriteria pedoman pelaksanaan pembelajaran dari pemerintah. Kata Kunci: pembelajaran matematika, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 06:04 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 06:04 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
View Item |