MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERINTEGRASI BRAINSTORMING DAN MIND MAPPING BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

TISNGATI, URIP and MARTINI, MARTINI and MEIFIANI, NELY INDRA and APRIYANI, DWI CAHYANI NUR (2019) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERINTEGRASI BRAINSTORMING DAN MIND MAPPING BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. pp. 178-182. ISSN 978-602-0791-28-9

[img] Text
13 TAPPS Terintegrasi Brainstorming dan Mind Mapping-Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding6 TAPPS Terintegrasi Brainstorming dan Mind Mapping.pdf

Download (66kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa ada kecenderungan berbeda-beda sebagai kemampuan awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan, selanjutnya sampel dipilih secara cluster random sampling. Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa diperoleh melalui metode tes setelah sebelumnya dilakukan uji instrumen. Uji hipotesis menggunakan analisis varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terintegrasi brainstorming memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) dengan mind mapping dan model pembelajaran langsung. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah. Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran. kemampuan berpikir kreatif, matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:08
Last Modified: 05 Jul 2023 07:05
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item