ANALISIS KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING

PUTRI, RADIANING ANGGITA and APRIYANI, DWI CAHYANI NUR (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 42-48. ISSN 2723-8210

[img] Text
07 Analisis Kesulitan Belajar-Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar daring yang dialami oleh mahasiswa pendidikan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan maternatika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri tinggi, 2) apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri sedang, 3) apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket secara online dan wawancara secara online serta dokumentasi. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa prodi pendidikan matematika semester II, IV dan VI sebanyak 40 mahasiswa. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, sehingga penelitian yang dilakukan menjadi terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar daring, angket efikasi diri, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini rnenunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan matematika STKIP PGRI Pacitan dengan efikasi diri tinggi mengalami kesulitan belajar pada aspek kesulitan teknis. Kemudian mahasiswa dengan efikasi diri rendah rnengalami kesulitan belajar juga pada aspek kesulitan adaptasi mahasiswa dan aspek ketidaksiapan pengajar atau dosen. Se1dangkan mahasiswa dengan efikasi diri sedang mengalami kesulitan mahasiswa kesulitan teknis, kesulitan adaptasi mahasiswa dan ketidaksiapan pengajar atau dosen. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Efikasi Diri

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:12
Last Modified: 26 Jun 2023 06:12
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item