PENGEMBANGAN POMPA HYDRAM (HYDROULIC RAM PUMP) SEBAGAI SARANA IRIGASI PERTANIAN

MULYADI, MULYADI and AMIN, NASIKHUN (2021) PENGEMBANGAN POMPA HYDRAM (HYDROULIC RAM PUMP) SEBAGAI SARANA IRIGASI PERTANIAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2021. LPPM PRESS STKIP PGRI PACITAN, PACITAN. ISBN 978-602-53557-7-6

[img] Text
TURNITIN. 2021. ABDIMAS Prosiding. mulyadi. PENGEMBANGAN POMPA HYDRAM (HYDROULIC RAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan sumber air dan irigasi pertanian di Pacitan saat ini secara riil masih banyak mengalami kesulitan akses. Dampak permasalahan irigasi mengakibatkan permasalahan serius bagi petani, padahal mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi kepada masyarakat Kabupaten Pacitan melalui gerakan karang taruna dalam rangka mengatasi persoalan akses air melalui penerapan teknologi pompa hydram. Mengingat kebutuhan air merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lain, khususnya dibidang pertanian. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan cara kombinasi daring dan luring. Yakni 1) persiapan materi dan simulasi alat, 2) sosialisasi dan pelatihan, 3) demonstrasi dan studi banding, 4) evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa pompa hydram merupakan teknologi tepat guna yang dapat diterapkan masyarakat Dusun Dadapan Desa Klesem sebagai solusi atas permasalahan irigasi pertanian. Adanya pompa hydram diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kegiatan masyarakat dalam meningkatkan potensi hasil pertanian. Keywords: pompa hydram, air, pertanian

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:18
Last Modified: 03 Jul 2023 03:18
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item